Visi,Misi & Tujuan

  1. Visi

Visi Administrasi Publik: “Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital ditingkat ASEAN melalui catur dharma perguruan tinggi pada Tahun 2028”

  1. Misi

Misi penyelenggaraan PS-AP dalam rangka menerjemahkan visi yang akan menjadi panduan tata kerja program PS-AP secara spesifik dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan pada pembagian peminatan yang berorientasi KKNI guna menghasilkan lulusan yang profesional dan berkepribadian Islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengabdian pada masyarakat dan publikasi dalam bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital guna memberikan kontribusi positif pada masyarakat, negara maupun dunia internasional.
  3. Membangun kerjasama dengan berbagai lembaga dan stakeholders dalam pengembangan kajian kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital untuk meningkatkan daya serap lulusan.
  4. Berkomitmen dalam mengimplementasikan bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital di tingkat nasional dan internasional.
  5. Mampu mengembangkan keterampilan entrepreneur dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang mandiri

Tujuan

Berdasarkan dari visi dan misi, penyelenggaraan pendidikan tinggi pada Program Studi Administrasi Publik (PS-AP) adalah menyelenggarakan catur dharma perguruan tinggi sebagai berikut;

A. Tujuan dalam Bidang Pendidikan

  1. Menyelenggarakan Program Studi Administrasi Publik (PS-AP) yang unggul pada tingkat Nasional.
  2. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi pada bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital yang kompetitif dengan tetap berkepribadian islami.
  3. Menghasilkan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional.
  4. Menjamin kualitas output mahasiswa sesuai kebutuhan pengguna lulusan.
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam penguasaan dan pemahaman bidang kajian yang ditekuni.
  6. Mendorong terciptanya budaya kerja yang kreatif agar terbangun suasana yang akademis dikalangan dosen dan mahasiswa.
  7. Mengembangkan keterampilan entrepreneur dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang mandiri bagi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

B. Tujuan dalam Bidang Penelitian

  1. Menciptakan budaya meneliti dan mengkaji fenomena sosial yang berkaitan dengan administrasi publik, khususnya dalam bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital.
  2. Menghasilkan penelitian yang dapat bermanfaat untuk pemecahan masalah sosial di masyarakat.
  3. Mengembangkan pelatihan, penelitian dan publikasi di bidang Administrasi Publik dalam kerangka pemberdayaan masyarakat.
  4. Menjadi pusat pengembangan kajian kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital yang berkontribusi bagi pembangunan daerah.
  5. Mengembangkan penelitian kolaboratif mahasiswa dengan dosen, dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, riset, pelatihan, dan publikasi di bidang kebijakan publik dan pengelolaan pemerintahan digital.

C. Tujuan dalam Bidang Pengabdian

  1. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada pelaksanaan KKN-MU Universitas Muhammadiyah Mataram.
  2. Meningkatkan peran serta dan kontribusi nyata terhadap kualitas kebijakan dalam pengelolaan pemerintah digital pada bidang pengabdian.
  3. Berkompetisi meraih hibah pengabdian masyarakat baik secara internal maupun eksternal dengan kolaborasi dosen dan mahasiswa PS-AP Fisipol Universitas Muhammadiyah Mataram.
  4. Meningkatkan keterlibatan dosen, mahasiswa dan alumni PS-AP dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat.
  5. Memberikan pelatihan, sosialisasi keterampilan entrepreneur melalui program pengabdian masyarakat.

D. Tujuan dalam Bidang Al-Islam dan KeMuhammadiyahan

  1. Membentuk karaktekter yang lebih Islami berdasarkan Al Qur,an dan sunnah.
  2. Membentuk sikap moderat yang ditunjukan dengan rasa kasih sayang, kesantunan, saling mendukung dan memperkuat, bersikap kritis terbuka dalam melihat perbedaan.
  3. Membentuk sikap cerdas dan berilmu yang ditunjukan semangat untuk selalu belajar dan menuntut ilmu.
  4. Meningkatkan pemahaman agama sebagai landasan bagi kehidupan pribadi, berbangsa dan bernegara.
  5. Mentaati ideologi KH. Ahmad Dahlan dalam berbagai kajian